Home » , , » Mobil panas karena Tutup Radiator dan Vacuum Valve

Mobil panas karena Tutup Radiator dan Vacuum Valve

Gara-gara Tutup Radiator dan Vacuum Valve Mobil bisa panas dan radiator meledak. Semua mobil pasti mempunyai Tutup radiator / Radiator Cup. Benda ini kecil dan sederhana namun fungsinya sangat luar bisa. Dan jika terjadi kegagalan atau kerusakan pada benda ini akibatnya bisa sangat fatal. Vacuum Valve berada di Tutup Radiator ini. Fungsi Radiator Cup ini adalah untuk menutup lubang pengisian coolant atau air radiator dan berfungsi sebagai penjaga tekanan didalam ruang sirlkulasi air dan sebagai pengatur aliran air dari dan menuju tabung reservoir


Pada Sistem pendingin mesin ini di bagi menjadi tiga:
  1. Melalui Air pendingin ( radiator)
  1. Udara
  1. Minyak pelumas

yang dimaksud dengan Vacuum Valve adalah Klep kecil ditengah tutup radiator dan berfungsi bekerja pada saat ke vakuuman terjadi di ruang sirkulasi air.

Bayangkan jika tutup radiator yang ada Vacuum Valve rusak atau gagal sebagai pressure valve atau vacuum valve, maka Kegagalan tutup radiator dalam menjalankan fungsinya bisa diakibatkan usia tutup radiator yang sudah cukup tua sehingga pegas-pegas yang berfungsi sebagai pengatur fungsi valve sudah tidak bekerja sesuai dengan semestinya atau juga bisa diakibatkan korosi dan kotoran atau endapan air radiator yang terdapat di tutup radiator menghambat kerja pegas.

Masalah-masalah yang timbul akibat kegagalan fungsi dari tutup radiator dan Vacum Valve ini antara lain :
  • Tutup radiator tidak dapat menjaga tekanan tinggi didalam ruang sirkulasi, akibatnya air di ruang sirkulasi akan cepat mendidih (boil) dan berubah menjadi uap air yang dapat dengan mudah lolos dari ruang sirkulasi air sehingga air radiator kerap berkurang padahal mesin kita tidak bermasalah dan indikator temperatur juga tidak menunjukan panas yang significant. Atau sebaliknya jika tekanan yang berlebih di dalam ruang sirkulasi tidak dapat di release/ di lepas ke udara melalui reservoir maka di dalam ruang sirkulasi air akan terjadi tekanan tinggi di luar kemampuan parts-parts kendaraan kita. Yang terjadi adalah indikator temperatur akan menunjukan "hot " , parts-parts yang tidak tahan terhadap tekanan tinggi akan mengembang dan akhirnya meletus/meledak atau bocor seperti selang radiator, seal waterpump bocor bahkan radiator itu sendiri yang bocor.
  • Fungsi Vacuum Valve : Jika terjadi kegagalan fungsi Vacum Valve ini maka tutup radiator tidak dapat membuka ketika terjadi pendinginan di dalam ruang sirkulasi air, hal ini mengakibatkan air dari tabung reservoir tidak dapat masuk kembali ke ruang sirkulasi air. Ketika dingin dan kita check volume air radiator akan terlihat berkurang padahal temperatur pada indikator temperatur biasa-biasa saja. Sedangkan volume air di tabung reservoir akan penuh terus dan bahkan luber. Pentingnya Tutup Radiator dan Vacuum Valve
Sumber. forum.karimunclub.org dan wyed.wordpress.com

0 komentar:

Post a Comment

Berkomentarlah dengan sopan. Terimakasih